EUROPAN: JERMAN ATAU PRANCIS, SIAPA YANG TERBAIK?

Pemenang laga semi-final antara Jerman dan Prancis dinilai memiliki kemungkinan sangat besar untuk keluar sebagai juara Euro 2016.

 Snapshot_2016-07-05_100803

Akhirnya hanya ada empat negara yang bertahan sampai semi-final Euro 2016, Portugal, Wales, Jerman dan Prancis. lalu siapa diantara empat negara tersebut yang sangat layak menjadi juara Euro 2016 ? Menurut saya, keempatnya punya peluang yang sama utk menjadi juara, walau jujur kecenderungan memilih Jerman dan Prancis jauh lebih besar.

Siapapun  diantara Portugal atau Wales yang akan menantang Jerman atau Prancis pada laga final, 10 Juli mendatang di Stade de France, sepertinya sorotan lebih tertuju kepada sang juara dunia Jerman dan tuan rumah Prancis, ketimbang membicarakan dua “kuda hitam” Portugal dan Wales. Portugal dan Wales lebih dipandang sebagai tim yang tak bisa menghentikan kekuatan Jerman atau Prancis di final.

Namun dari pengamatan saya, Portugal atau Wales masih bisa menghadirkan kejutan utk mengejar ambisinya menjadi juara Eropa yang baru. Karena dalam sepak bola apapun bisa terjadi, termasuk Jerman maupun Prancis yang bisa dikalahkan. Apalagi jika kita coba mengkaitkan dengan siklus 12 tahun akan lahir juara baru, maka posisi itu ada pada Portugal atau Wales. 

Denmark membuat langkah spektakuler di Swedia 1992, ketika sebagai tim pengganti Yugoslavia, mereka mampu melangkah jauh hingga final dan mengalahkan Jerman yang ketika itu bestatus juara dunia 1990. Dua belas tahun kemudian, tepatnya di Portugal 2004 Yunani bikin sensasi besar dengan meraih gelar juara Eropa setelah menghentikan Portugal di final. mestinya jika melihat Euro 2016,  maka tepat 12 tahun setelah Yunani juara akan ada juara Eropa baru lagi. 

greece-euro-2004_ye83tckk9o0l19fcjqznxpx3p

Mengacu pada Denmark dan Yunani, sudah sepantasnya ada lagi juara baru dan Eropa tidak dimonopoli Jerman bahkan Prancis. Jerman tercatat sebagai negara paling banyak ke final dengan enam kali, tiga diantaranya mereka keluar sebagai juara. 

Terakhir Jerman ke final Euro 2008 sebelum kalah dari Spanyol. Jika Jerman tahun ini melangkah ke final, maka rekor itu akan bertambah menjadi tujuh kali. maka kita sepertinya bosan melihat Jerman lagi, apalagi mereka juga sebagai juara dunia 2014.

Sementara tuan rumah Prancis juga sedang mengincar gelar ketiganya di Eropa setelah mereka sukses di tahun 1984 dan 2000. Prancis tentunya tak akan melepas peluang ini di mana tim asuhan Didier Deschamps hanya perlu dua langkah menuju mimbar juara. 

Memang setelah Jerman, maka Prancis adalah tim paling layak juara. Prancis tak pernah gagal jika mereka menjadi penyelenggara. Piala Eropa 1984 Prancis menjadi juara di depan publiknya untuk pertama kalinya. di Piala Dunia 1998 saat jadi tuan rumah mereka juga keluar sebagai juara dunia. Dengan modal sebagai tuan rumah, maka wajarlah jika saya melihat kesempatan menjadi juara sangat besar.

Prancis juga ingin mengejar prestasi Jerman dan Spanyol yang sudah pernah sukses tiga kali sebagai juara Eropa. Jika melihat dari peta kekuatan, maka Jerman adalah tim yang paling ditakuti Prancis sejauh ini untuk menggagalkan mereka melaju ke final. 

germany-euro-2016_141tb8tpewftg1mn6rg4901tov

Seluruh pemain Prancis menyadari hal ini, bahwa Jerman tim yang tangguh dan jauh lebih baik dibanding Portugal dan Wales. Jika mampu melewati Jerman, maka gelar juara seperti tinggal menunggu waktu untuk Prancis.

Hal yang sama juga dihadapi Jerman. Tim yang bisa menghentikan pasukan “Der Panzer” diyakini adalah Prancis. Melihat dari kualitas, sosok tim Prancis seperti jadi penghalang berat buat Manuel Neuer dkk menuju final. 

europan-9-jerman-atau-prancis_1fmplvdqpvdw41wybfmotdudwh

Prancis jauh lebih baik di banding Portugal dan Wales. menang lawan Prancis di semi final, buat Jerman akan jadi lebih mudah saat mereka jumpa salah satu diantara Portugal atau Wales. Apalagi kalau kita melihat dari head to head antara Jerman dengan calon dua lawannya di final entah Portugal atau Wales, maka kemenangan berpihak ke Jerman.

Untuk itulah setelah kita disuguhkan dengan pertandingan bermutu di perdelapan-final antara Italia vs Spanyol, kemudian Jerman vs Italia di perempat-final, maka duel Jerman vs Prancis di semi-final menjadi pertarungan paling menegangkan yang semestinya lebih pantas mereka berlaga di final. 

Tak berlebihan bila saya mengatakan bahwa pemenang antara Jerman vs Prancis, akan tampil sebagai juara Euro 2016. Maaf, bukannya saya meremehkan Portugal dan Wales, tapi dilihat dari sudut pandang manapun, memang Jerman dan Prancis berada di atas Portugal dan Wales.

Namun, statistik hanyalah sebuah catatan di atas kertas, karena yang menentukan adalah hasil akhir di lapangan. Tak ada yang menduga jika Kroasia bisa menjungkalkan Spanyol di penyisihan Grup D. tak ada juga yang bisa memprediksi bila Republik Irlandia bisa memukul Italia. 

Dan yang paling sensasional tatkala Eslandia memulangkan Inggris di perdelapan-final. Untuk itulah kesempatan bagi Portugal dan Wales masih terbuka untuk memberi warna di Euro sebagai tim ” underdog”. Jerman  dan Prancis boleh difavoritkan, tapi Portugal dan Wales bisa mematahkan semua prediksi orang yang seakan memandang sebelah mata apa yang mereka sudah lakukan sejauh ini di Euro 2016.

Kita tunggu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>